Busi Motor |
Beragam sepeda motor, beragam pula jenis, ukuran dan merk busi. Baik busi standar pabrikan ataupun busi racing yang kini banyak beredar. Ada merk Brisk, Daytona, Bogo, Denso, NGK, dan lain sebagainya. Disini tidak akan membicarakan merek, namun lebih kepada fungsi atau persamaan ukuran dan bentuk saja. untuk lebih lanjut bisa kesini (googling) hehe sebagai referensi lain.
Terkait ukuran dan sama pakai, apapun merknya yang penting motor hidup dulu yah dan normal. Berikut persamaanya :
1. Ukuran Besar dan Pendek (D6HS)
- Biasanya dipakai honda C90, dan menjadi bahan pengganti busi kecil pendek. merubah yang asalnya selek dengan di tap ulang lobang busi.
2. Ukuran Besar dan panjang (D8HS)
- GL, Tiger,
- Scorpio
- menjadi ukuran tahap lanjut, ketika ukuran busi CPR (kecil panjang) selek dengan merubah tap lobang busi
3. Ukuran kecil dan panjang (CPR/CR)
- Vixion, MX/New, Byson
- Karisma, Supra 125/fi, Revo Abs/fi, Blade,
- CS1, Verza, Mega pro/new/fi
- Satria F150/fi
4. Ukuran kecil dan pendek (C7HS)
- Mio/J/Soul/GT, Fino (125)/M3/Z
- Vega/R/ZR/RR, Jupiter/Z,
- Grand, Supra, Legenda, Fit New, Revo
- Smash, shogun
- KLX
5. Ukuran lain
- RX/S, F1zr, Kristal, Tornado (Pendek Besar derat kasar) sama pakai
- Satria 2tak, Ninja 150 2 tak, Vespa (Panjang Besar)
Apabila disusunkan perubahan busi motor, karena selek dan dirubah, maka menjadi
- Kecil pendek (C7H) - Besar Pendek (D6H) - BP7HS [ Busi supra/mio ke busi c90 ke busi RX/f1zr/cristal]
- Kecil Panjang (CPR) - Besar Panjang (D8H) - BP7ES [Busi karisma/verza/vixion ke busi tiger/scorpio ke busi vespa/ninja 150/satria 2 tak]
Terima kasih atas informasinya
BalasHapus