Kamis, 17 Agustus 2023

Switch Bendik Stater

 

ini merupakan switch stater motor bentuk bulat, sama pakai cuman suka beda bolak balik posisi soket saja. bisa digunakan pada :

  1. Grand, 
  2. Supra, 
  3. Legenda, 
  4. Tiger, 
  5. CB150
  6. Verza, Megapro/new
  7. Byson, Scorpio, F1zr, vega Lama


 Nah, kalau yang ini dipakai di yamaha :

  • xeon, 
  • Nouvo
  •  satria fu

adapun bentuk yang ini, dipakai pada motor :

  • Beat karbu, Fi, 
  • Scoopy, Spacy, Vario 110, 
  • Mio, Jupiter, Vega New, ZR
  • Cs1, Karisma, supra 125


 Kalau yang ini lebih dipakai pada motor-motor matik injeksi tanpa dinamo stater dan beberapa matik yamaha, seperti :

  • beat, scoopy esp
  • mio m3
  • Aerox, new Nmax

Sekian, ada yang menambahkan?

Senin, 14 Agustus 2023

Arang Stater

 

Arang Dinamo Stater

Banyak motor sekarang ini yang masih menggunakan dinamo stater, meski mulai ada peralihan di era matik yang menjamur. 

Beberapa persamaan bisa kita jumpai dari bentuk yang bisa saling tukar pada arang stater atau carbon brush agar dinamo bisa berputar dan menghidupkan mesin. Sebagai berikut :

  1. Grand, Supra, Legenda dan mesin sejenis
  2. Mio Lama, Mio Garnis/smile dinamo besar 
  3. Mio M3/125/Z, Jupiter, Nmax, Jupiter, Vega, F1zr, Vixion, Byson
  4. Beat, Scoopy, Spacy, (pgm Fi)
  5. Blade, Revo, Fi
  6. Cs1, Karisma, Supra 125, Verza Mega Pro, CB 150
  7. Satria F150, Tiger
  8. Thunder

Yang lain ada yang menambahkan?

 Perbedaan rata2 di bentuk besar kecil arang serta panjang pendek kuningan penghantar arus. Selain itu ada yang :

  • memakai baud berderat seperti karisma dan cs1
  • Kuningan lurus di grand dan supra
  • kuningan bengkok di beat dan scoopy
  • Grup suzuki dan kawasaki sama mengikuti

 untuk mengetahui arang stater minta penggantian, sering dibarengi suara switch stater hanya berbunyi cetek-cetek tapi dinamo tidak berputar saat tombol star ditekan.

Minggu, 23 Juli 2023

Aki atau Batre Motor

 

Berbeda Motor, beda ukuran dan bentuk akinya. Namun, banyak juga yang mirip bentuk dan ukuran. Meski sama pakai, beda merk beda kualitas dari segi keawetan ataupun nilai ampere nya. 

Berikut beberapa persamaannya :

  • Mio lama, Jupiter lama, Vega kotak, Supra, Grand, F1ZR (tipis tinggi) ukuran 3.5A-7A
  • Beat, Vario, Soul, Mio 125/Z, fino 125, Xride, karisma, supra 125, Sonic, Verza, Byson CB150R, Cs1 (kecil pendek lebar, Paling banyak digunakan) ukuran 3.5A-4A
  • Satria F150, Kawasaki KLX, Beberapa Vario dan scoopy ESP, (tebal agak tinggi dan lebar) ukuran 6 A
  • Sisanya motor-motor 2 tak semacam RX dan yang tidak memakai dinamo stater atau hanya diengkol, pada motor lawas memakai aki kecil
  • ukuran lain, untuk Kawasaki 250 cc, Vespa, Benelly, Bajaj ada yang memakai aki ukuran 9A dengan aki yang berukuran besar

dari semua ukuran itu beda bentuk beda harga, tergantung merk. Apalagi sekarang banyak sekali merk aki dengan kemampuan yang beragam. Daya tahan aki berbeda dengan bawaan motor dari dealer/pabrik, rata-rata bertahan melebihi tiga tahun. Sementara penggantian aki baru terkadang tidak sama keawetannya, tergantung perawatan dan kondisi kendaraan.

 Untuk merk dengan harga dan kwalitas yang dibilang bagus adalah

  • GS astra (hari ini banyak replika ikut niru merk bahkan ada yang palsu)
  • Yuasa
  • Motobat (hari ini banyak replika ikut niru merk bahkan ada yang palsu)
  • FB - Furukawa Battery
  • Aspira dan Federal 
  • Sisanya merk-merk lain yang mulai populer dari pendatang baru, dan merk lama hang hadir kembali